English for Written Business Communication
4 October 2024
Kompetisi Sains Siswa Nasional
22 October 2024Description
Basically, this course describes the techniques to have a successful business presentation in English. There are some topics described in this course as the techniques;
- Opening presentation; learn some English words or phrases how to open presentation
- Dealing with nervous; learn the techniques to get rid of nervousness
- The body language; learn the way to bring the attitude in front of the audience
- Media and tools; learn to use the media and tools such as projector, slides, whiteboard, laser aperture, etc. while having presentation
- Visuals; learn to use the correct visuals that support the presentation and attract the audience’s vision
- Correct English; learn to use the English nouns, verbs, adjectives, and adverbs correctly while conveying the oral and written presentation material.
- Closing presentation; learn some English words and phrases to close the presentation and use the correct sentences to sum up the presentation
- Voices; learn to manage the stress and pause while convey the material in English
- Treat the audience’s questions; learn to behave when asking back, refusing to answer, postpone the question, reform the question, and admit the answer
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
CPMK 01
Mahasiswa mampu menggunakan bentuk-bentuk frasa yang berkaitan dengan “opening a presentation” dan menarik perhatian hadirin/peserta rapat (S8, P4, P8, KK9, KU14)
CPMK 02
Mahasiswa mampu menggunakan langkah-langkah sederhana untuk mengilangkan perasaan gugup (nerveousness) saat presentasi. (S11, P4, P8, KK9, KK10, KU14)
CPMK 03
Mahasiswa mampu menerapkan seluruh anggota tubuh (body language) dengan benar pada saat presentasi untuk menarik perhatian hadirin. (S11, P8, KK9, KU14)
CPMK 04
Mahasiswa mampu menerapkan kiat-kiat presentasi (presentation tips) yang baik untuk mengatasi permasalahan saat presentasi (S11, P4, P13, KK10, KU14)
CPMK 05
Mahasiswa mampu menggunakan media dan peralatan (media and tools) presentasi dengan benar dan efektif. (S12, P4, KK10, KU14)
CPMK 06
Mahasiswa mampu membuat dan mempresentasikan ‘visuals’ dengan benar dan efektif untuk menarik perhatian hadirin/peserta saat presentasi (S12, P4, KK10, KU14)
CPMK 07
Mahasiswa mampu mengerjakan tugas/latihan/presentasi (S11, S12, P4, KK9, KU8)
CPMK 08
Mahasiswa mampu mengetahui/menentukan ‘visuals’ yang tepat pada materi presentasi (S12, P4, KK10, KU14)
CPMK 09
Mahasiswa mampu menggunakan kata kerja (tenses), kata sifat (adjectives), keterangan (adverbs) (movement or trends) pada saat presentasi. (S12, P4, KK10, KU14)
CPMK 10
Mahasiswa mampu membuat/menyampaikan kesimpulan (to sum up) dengan benar saat mengakhiri presentasi (the endings) (S12, P4, KK10, KU14)
CPMK 11
Mahasiswa mampu menyampaikan presentasi dengan intonasi suara (stress and pause) yang benar dan menarik (S12, P4, KK10, KU14)
CPMK 12
Mahasiswa mampu memperlihatkan kesopanan ketika menjawab atau menghindari pertanyaan hadirin/peserta dengan kalimat/jawaban yang benar dalam sesi tanya-jawab (Q&A session) saat presentasi (S8, P3, P8. P13, KK4, KU1)
CPMK 13
Mahasiswa mampu memperlihatkan kesopanan dalam menunda pertanyaan selanjutnya (postpone unwelcome question) dan mengucapkan kembali pertanyaan (reform question) dari hadirin/peserta saat presentasi. (S8, P3, P8. P13, KK4, KU1)
CPMK 14
Mahasiswa mampu mengerjakan tugas/latihan/presentasi (S11, S12, P4, KK9, KU8)